“Proses penyampaian informasi,
gagasan, emosi, keahlian melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata,
gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
Mengapa perlu COMMUNICATION SKILLS
??? hmm
- Leadership = Self confidence + Human relationship + communication skill
- Komunikasi merupakan keahlian yang paling penting dalam hidup
CARA UMUM BERKOMUNIKASI
- Ucapan —— > Image Visual
- Bahasa tulisan ——–> Bahasa tubuh
LINGKUNGAN KOMUNIKASI
- Komunikasi ke atas yaitu Menyampaikan ide, usulan, melapor dan minta pendapat atau persetujuan atasan.
- Komunikasi ke bawah yaitu Memberi perintah, menyampaikan informasi, memberikan kritik membangun, menilai hasil pekerjaan, menegur dan memuji.
- Komunikasi horizontal yaitu Koordinasi, memberi informasi dan minta pendapat.
- Komunikasi diagonal yaitu Antara bawahan dengan atasan yang bukan atasannya langsung.
MENGAPA DIPERLUKAN INTERPERSONAL
SKILLS ??
•
Sangat dibutuhkan dalam berhubungan
dan bekerja sama dengan orang lain
•
Kemampuan berkomunikasi secara
efektif, mendengar dan mengungkapkan
•
Kemampuan memberi dan menerima
masukan
•
Mampu bekerja dengan baik dalam
kelompok
PROSES KOMUNIKASI
- Source adalah Sumber informasi ide/pesan (komunikator)
- Channel adalah Media/saluran yang digunakan menyampaikan ide/pesan
- Message adalah Ide/pesan yang ingin disampaikan oleh komunikator
- Receiver adalah Audien/objek yang menerima ide/pesan
- Feedback adalah Umpan balik yang diberikan audien dalam memahami pesan yang disampaikan
FUNGSI KOMUNIKASI
- Fungsi informasi : Menyampaikan pesan, idea, atau informasi kepada pihak lain untuk tujuan tertentu
- Fungsi ekspresi : Wujud ungkapan perasaan/pikiran komunikator atas apa yang dia pahami dan dirasakan terhadap yang lai
- Fungsi control : Menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dengan memberi pesan berupa perintah, peringatan, penilaian , dsb
- Fungsi sosial : Media yang baik dalam berinteraksi antara seseorang dengan orang lain
- Fungsi ekonomi : Media dalam proses pemenuhan kebutuhan masing-masing individu
JENIS KOMUNIKASI BERDASARKAN KEMASAN
- Komunikasi Verbal yaitu dilakukan secara lisan. Kualitas sering ditentukan oleh intonasi suara, mimik, dan body languange.
Komunikasi verbal tidak bisa efektif
tanpa dilengkapi dengan komunikasi non verbal
- Komunikasi Non Verbal yaitu disampaikan dengan isyarat (gestures), gerak-gerik (movement).
Contoh : sesuatu barang, cara
berpakaian, atau sesuatu yang dapat menunjukan suasana hati atau perasaan pada
saat tertentu.
Ini nih contoh dalam komunikasi non
verbal
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Komunikasi yang efektif bermakna :
- Mencapai sasaran yang diinginkan
- Berdampak menyenangkan
- Bersifat aktual dan nyata
- Komunikasi efektif akan terjadi bila terdapat aliran informasi dua arah antara komunikator dan komunikan, dan informasi tersebut sama-sama di respon sesuai dengan harapan keduanya.
HAL YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS
KOMUNIKASI
Bagaimana agar komunikasi dapat
diberikan dan diterima dengan baik ??
Nih, komunikasi yang baik seperti
yang dibawah ini :
•
Kongruen antara yang kita pikirkan,
ucapkan dengan yang kita lakukan
•
Keinginan untuk mendengarkan
•
Tingkat keterbukaan
•
Respek terhadap orang lain
Memberikan masukan kepada orang lain
harus ada caranya agar orang lain dapat menerimannya, berikut cara memberi feed
back
- Secara positif
- Spesifik
- Tidak menghakimi
- Sensitif
- Mendorong dan memotivasi
- Dapat dilakukan dua arah
- Tepat waktu
Komunikasi yang baik perlu juga
masukan dari orang lain, di bawah ini adalah cara bagaimana menerima masukan
dengan baik
- Bersikap secara terbuka dan menerima
- Mendengar apa yang diucapkan
- Waspada terhadap reaksi tiba-tiba
- Konsentrasi pada isi
- Bertanya bila tidak paham
- Minta bantuan, saran, nasehat
Agar komunikasi berjalan dengan baik
yaitu memahami point terpenting dari komunikasi yaitu :
- Bagaimana pesan dikirimkan
- Bagaimana agar pesan tersampaikan
- Bagaimana pesan di fahami
MANFAAT KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
•
Mengembangkan interaksi dan hubungan
antar manusia yang lebih baik
•
Membangun kepercayaan antar individu
dan kelompok
•
Penerimaan yang baik dalam kehidupan
sosial dan kelompok
•
Terhindarkan dari kesalahfahaman
penyampaian informasi
•
Secara tidak langsung menunjukkan
gambaran sikap dan kepribadian seseorang
3 POINT YANG DIPERLUKAN UNTUK
MEMBUAT KOMUNIKASI LEBIH EFFECTIVE
- Jadilah pembicara yang difahami
- Miliki sikap pendengar yang baik
- Hilangkan hambatan-hambatan yang menganggu komunikasi
KOMUNIKASI itu seperti Cintaa
- Jika pas bikin senang, tapi jika berlebihan bikin bete L
- Ada saatnya memberi, ada saatnya menerima
- Mudah dikatakan, tapi sulit dipahami, terlebih dijalani J yeah
KESIMPULAN
Komunikasi dikatakan berhasil jika :
•
Terpenuhi unsur-unsur komunikasi
•
Sasaran memahami, mengerti pesan,
dan dapat memberikan feedback agar tercapainya tujuan dari pesan yang diberikan
•
Perhatikan 3 hal ketika anda
berkomunikasi : Jadilah pembicara yang di fahami, jadilah pendengar yang baik,
dan kurangi hambatan komunikasi
“JADILAH
ORANG YANG BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar