Sabtu, 10 Oktober 2015

SMART COMMUNICATION SKILL







“Proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
Mengapa perlu COMMUNICATION SKILLS ??? hmm
  • Leadership = Self confidence + Human relationship + communication skill
  • Komunikasi merupakan keahlian yang paling penting dalam hidup
CARA UMUM BERKOMUNIKASI
  • Ucapan —— > Image Visual
  • Bahasa tulisan ——–> Bahasa tubuh
LINGKUNGAN KOMUNIKASI
  • Komunikasi ke atas yaitu Menyampaikan ide, usulan, melapor dan minta pendapat atau persetujuan atasan.
  • Komunikasi ke bawah yaitu Memberi perintah, menyampaikan informasi, memberikan kritik membangun, menilai hasil pekerjaan, menegur dan memuji.
  • Komunikasi horizontal yaitu Koordinasi, memberi informasi dan minta pendapat.
  • Komunikasi diagonal yaitu Antara bawahan dengan atasan yang bukan atasannya langsung.
MENGAPA DIPERLUKAN INTERPERSONAL SKILLS ??
          Sangat dibutuhkan dalam berhubungan dan bekerja sama dengan orang lain
          Kemampuan berkomunikasi secara efektif, mendengar dan mengungkapkan
          Kemampuan memberi dan menerima masukan
          Mampu bekerja dengan baik dalam kelompok

PROSES KOMUNIKASI
  • Source adalah Sumber informasi ide/pesan (komunikator)
  • Channel adalah Media/saluran yang digunakan menyampaikan ide/pesan
  • Message adalah Ide/pesan yang ingin disampaikan oleh komunikator
  • Receiver adalah Audien/objek yang menerima ide/pesan
  • Feedback adalah Umpan balik yang diberikan audien dalam memahami pesan yang disampaikan
FUNGSI KOMUNIKASI
  • Fungsi informasi : Menyampaikan pesan, idea, atau informasi kepada pihak lain untuk tujuan tertentu
  • Fungsi ekspresi : Wujud ungkapan perasaan/pikiran komunikator atas apa yang dia pahami dan dirasakan terhadap yang lai
  • Fungsi control : Menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dengan memberi pesan berupa perintah, peringatan, penilaian , dsb
  • Fungsi sosial : Media yang baik dalam berinteraksi antara seseorang dengan orang lain
  •   Fungsi ekonomi : Media dalam proses pemenuhan kebutuhan masing-masing individu
JENIS KOMUNIKASI BERDASARKAN KEMASAN
  • Komunikasi Verbal yaitu dilakukan secara lisan. Kualitas sering ditentukan oleh intonasi suara, mimik, dan body languange.
Komunikasi verbal tidak bisa efektif tanpa dilengkapi dengan komunikasi non verbal
  • Komunikasi Non Verbal yaitu disampaikan dengan isyarat (gestures), gerak-gerik (movement).
Contoh : sesuatu barang, cara berpakaian, atau sesuatu yang dapat menunjukan suasana hati atau perasaan pada saat tertentu.
Ini nih contoh dalam komunikasi non verbal

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Komunikasi yang efektif bermakna :
  • Mencapai sasaran yang diinginkan
  • Berdampak menyenangkan
  • Bersifat aktual dan nyata
  •  Komunikasi efektif akan terjadi bila terdapat aliran informasi dua arah antara komunikator dan komunikan, dan informasi tersebut sama-sama di respon sesuai dengan harapan keduanya.
HAL YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI

Bagaimana agar komunikasi dapat diberikan dan diterima dengan baik ??
Nih, komunikasi yang baik seperti yang dibawah ini :
          Kongruen antara yang kita pikirkan, ucapkan dengan yang kita lakukan
          Keinginan untuk mendengarkan
          Tingkat keterbukaan
          Respek terhadap orang lain
Memberikan masukan kepada orang lain harus ada caranya agar orang lain dapat menerimannya, berikut cara memberi feed back
  • Secara positif
  • Spesifik
  • Tidak menghakimi
  • Sensitif
  • Mendorong dan memotivasi
  • Dapat dilakukan dua arah
  • Tepat waktu
Komunikasi yang baik perlu juga masukan dari orang lain, di bawah ini adalah cara bagaimana menerima masukan dengan baik
  • Bersikap secara terbuka dan menerima
  • Mendengar apa yang diucapkan
  • Waspada terhadap reaksi tiba-tiba
  • Konsentrasi pada isi
  • Bertanya bila tidak paham
  • Minta bantuan, saran, nasehat
Agar komunikasi berjalan dengan baik yaitu memahami point terpenting dari komunikasi yaitu :
  • Bagaimana pesan dikirimkan
  • Bagaimana agar pesan tersampaikan
  • Bagaimana pesan di fahami
MANFAAT KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
          Mengembangkan interaksi dan hubungan antar manusia yang lebih baik
          Membangun kepercayaan antar individu dan kelompok
          Penerimaan yang baik dalam kehidupan sosial dan kelompok
          Terhindarkan dari kesalahfahaman penyampaian informasi
          Secara tidak langsung menunjukkan gambaran sikap dan kepribadian seseorang

3 POINT YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT KOMUNIKASI LEBIH EFFECTIVE
  •  Jadilah pembicara yang difahami
  •  Miliki sikap pendengar yang baik
  •  Hilangkan hambatan-hambatan yang menganggu komunikasi
KOMUNIKASI itu seperti Cintaa
  •  Jika pas bikin senang, tapi jika berlebihan bikin bete L
  •  Ada saatnya memberi, ada saatnya menerima
  •  Mudah dikatakan, tapi sulit dipahami, terlebih dijalani J yeah
KESIMPULAN
Komunikasi dikatakan berhasil jika :
          Terpenuhi unsur-unsur komunikasi
          Sasaran memahami, mengerti pesan, dan dapat memberikan feedback agar tercapainya tujuan dari pesan yang diberikan
          Perhatikan 3 hal ketika anda berkomunikasi : Jadilah pembicara yang di fahami, jadilah pendengar yang baik, dan kurangi hambatan komunikasi
“JADILAH ORANG YANG BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar