Sabtu, 10 Oktober 2015

CHANGE YOUR CHARACTER, KEEP YOUR SPIRIT






Spirit itu lebih hebat dari strategi.  Spirit berkaitan dengan hati dan character, sedangkan strategi berkaitan dengan competence. Kenyataan menunjukkan bahwa hati dan character memberikan pengaruh yang sangat besar pada sebuah kesuksesan.
John Kotter dalam bukunya Heart of Change menyebutkan “70% transformasi yang pernah dilakukan ternyata gagal karena hanya menggunakan kepala (head) tanpa hati (heart). Menurutnya, pemimpin yang berhasil dalam melakukan transformasi adalah mereka yang melibatkan aspek hati (heart).
 Sementara itu  Roosevelt menyatakan, “Character is the foundation for all true success”. Character itu merupakan fondasi dari keberhasilan yang abadi.  Character berpengaruh terhadap kesuksesan setiap individu, keluarga, organisasi, komunitas dan negara.Kesuksesannya tergantung pada kesuksesan hubungan yang dibangun dengan orang atau organisasi lain, dan hal tersebut dimulai dengan character.
Tentang culture atau character, CEO Wells Fargo John Stumpf menyatakan, “I could leave our strategy on an aeroplane seat and have a competitor read it and it would not make any difference”. Menurutnya, walaupun strateginya diketahui dan dicontoh kompetitor, tidak akan membuatnya khawatir.  Yang membuat beda adalah culture atau character.                                          
Stumpf menyebut, character  dipengaruhi oleh top leader. Menurutnya, organisasi tidak dapat melakukan transformasi kecuali bila pemimpin puncaknya (top leader) mengadopsi nilai-nilai baru (new values) dan melakukan perubahan perilaku (change their behavior). Culture atau character dari sebuah organisasi merefleksikan personality dari kepemimpinan saat ini dan juga personality dari kepemimpinan sebelumnya.
Selaras dengan pendapat John Stumpf, saya berkeyakinan bahwa great leader-lah yang akan menjadi driver untuk perubahan dalam sebuah organisasi. Great leader akan men-drive vision & mission perusahaan, yang kemudian akan menggerakan komponen-komponen lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar